Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Selamat Datang di Blog Informasi Kesehatan Bersama. Pada postingan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Apakah manusia bisa hidup tanpa ginjal? Ginjal memang ukurannya kecil, hanya sebesar kepalan tangan anak balita. Namun, fungsi ginjal sangat vital bagi kehidupan manusia. Ginjal berfungsi memisahkan racun dari darah untuk kemudian dibuang melalui urin. Sebagai organ yang penting bagi sistem metabolik tubuh, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak dipelihara dengan baik, ginjal bisa cepat rusak dan mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit kardiovaskuler, kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid.

Seseorang yang ginjalnya tidak berfungsi berarti mengidap gagal ginjal. Ketika ginjal seseorang tidak berfungsi, maka kotoran tidak bisa dikeluarkan dalam darah dan menjadi racun untuk tubuh.

Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Orang yang sudah terkena gagal ginjal harus melakukan cuci darah. Proses ini adalah proses menggantikan fungsi ginjal dengan mesin. Mesin akan memisahkan kotoran dari darah kemudian darah dimasukan lagi ke dalam tubuh.

Jika ingin ginjalnya berfungsi kembali, orang yang telah mengalami gagal ginjal harus melakukan transplantasi ginjal. Hal ini mungkin, namun sulitnya menemukan orang yang mau mendonorkan ginjal adalah kendala.

Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal yang utama yang perlu dilakukan yaitu menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal. Pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Berikut Beberapa Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal :

1. Jaga Kesehatan Dan Tetap Beraktivitas
Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda. 

2. Rajin Berolahraga
Aktifitas fisik merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga organ-organ tubuh, salah satunya adalah ginjal. Jika memang belum kuat, lakukan aktifitas ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil.

3. Jaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil
Penyakit diabetes salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

4. Kontrol Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan masalah bagi ginjal. Kita bisa bayangkan, ginjal yang biasa menyaring darah akan sangat kerepotan jika tiba-tiba tekanan laju darah meningkat dari biasanya.

5. Hindari Stress
Stress ini ada hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Ketika kita stress, maka detak jantung bisa tak beraturan dan tekanan darah bisa naik.

6. Konsumsi Makanan Sehat Dan Menjaga Berat Badan Ideal
Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit dr.Ciptomangunkusumo (RSCM) Parlindungan Siregar mengatakan dalam kesempatan yang sama, minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

7. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

8. Hindari Rokok
Rokok mengandung banyak sekali racun yang bisa merusak organ-organ tubuh, salah satunya ginjal. Menghindari rokok adalah salah satu langkah bijak untuk menjaga kesehatan ginjal.

9. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan. "Sebaiknya setiap obat yang Anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter," ujar Parlindungan.

Demikianlah informasi mengenai Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal. Sudahkan anda peduli tentang kesehatan ginjal anda. Semoga anda lebih memperhatikan kesehatan salah satu organ pada tubuh tersebut. Salam Sehat dari Informasi Kesehatan Bersama.

Artikel Kesehatan Lainnya :

Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment